PERPUSTAKAAN FAKULTAS SYARIAH

  • Beranda
  • Informasi
  • Berita
  • Bantuan
  • Masuk
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
Image of SEJARAH SOSIAL DAN DINAMIKA INTELEKTUAL PENDIDIKAN ISLAM DI NUSANTARA
Penanda Bagikan

Filsafat dan Perkembangan

SEJARAH SOSIAL DAN DINAMIKA INTELEKTUAL PENDIDIKAN ISLAM DI NUSANTARA

SAMSUL NIZAR - Nama Orang;

Kemunculan dan perkembangan tradisi keilmuan dan dinamika pemikiran pendidikan Islam di Nusantara selalu berkaitan dengan kondisi lingkungan yang mengitarinya. Kemunculan dan perkembangan tersebut lebih sebagai "formulasi baru" perpaduan antara kebudayaan dan peradaban yang sudah ada dan inheren dalam masyarakat itu dengan kebudayaan dan peradaban baru yang datang kepadanya. Dari sudut tersebut, maka perjalanan sejarah pendidikan Islam di Nusantara menjadi sangat menarik untuk dikaji karena disamping nuansa spiritualitas kental (thariqah) yang mengiringi penyebaran awalnya, lembaga pendidikan tersebut juga telah menjadi agen transformasi nilai dan budaya dalam sebuah komunitas yang bersifat dinamis. Sehingga, keberadaanya diakui memiliki pengaruh besar dalam membentuk bangsa ini, membebaskannya dari belenggu penjajahan, dan menelurkan generasi demi generasi yang mewarnai kemerdekaan negeri ini.
Buku ini mencoba melihat hubungan dan pengaruh dinamika sosial religius masyarakat Islam Nusantara terhadap bentuk pendidikan yang dikembangkan dan berkembang sehingga menjadi sebuah mata rantai yang bekelindan. Maka, inisisasi surau dan perkembangannya menjadi lembaga pendidikan di awal penyebaran Islam menjadi fokus bahasan bagian pertama buku ini. Kemudian, sorotan berpindah pada bentuk transformasinya berikutnya yaitu pondok pesantren dalam bingkai sejarah; karakteristik pendidikan dan unsur kelembagaan; dan posisi kiai serta peran terekat dalam pembentukan pesantren sebagai agen transformasi sosial. Dan dipenghujung rangkaian ini, disajikan perbincangan tentang pesantren modern sebagai bentuk transformasi pesantren yang berikutnya serta kemunculan dan perkembangan madrasah sebagai sebuah bentuk pendidikan Islam; perkembangan dan kemajuan pendidikan tinggi Islam; dan kiprah dua lembaga besar (PERTI dan NU) dalam perkembangan pendidikan Islam Nusantara.


Ketersediaan
#
Perpustakaan Fakultas Syariah 2X7.3 NIZ S C.1
FS000400
Tersedia
#
Perpustakaan Fakultas Syariah 2X7.3 NIZ S C.2
FS000401
Tersedia
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
2X7.3 NIZ S C.1
Penerbit
Jakarta : Kencana., 2013
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
9786029413588
Klasifikasi
2X7.3
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subjek
-
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
Tidak Ada Data
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

PERPUSTAKAAN FAKULTAS SYARIAH
  • Web UIN
  • Web Fak. Syariah

Cari

masukkan satu atau lebih kata kunci dari judul, pengarang, atau subjek

© 2025 — Modified by Perpus Fak. Syariah UIN RM Said Surakarta

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik
Kemana ingin Anda bagikan?