Ekonomi Islam
KAPITA SELEKTA EKONOMI ISLAM KONTEMPORER
Kapita Selekta Ekonomi Kontemporer merupakan bagian dari rangkaian Mata Kuliah pada Program Studi Ekonomi Perbankan Islam atau Ekonomi Islam pada Fakultas/Jurusan Ekonomi Islam, baik di Perguruan Tinggi Islam (PTI) atau Perguruan Tinggi Umum (PTU) Negeri dan swasta, jenjang S1 dan S2. Mata Kuliah ini mempunyai spesifikasi umum dan khusus tentang tema-tema pilihan kontemporer tentang ekonomi Islam. Penulis sengaja suguhkan tema-tema pilihan dalam buku Kapita Selekta Ekonomi Islam Kontemporer ini karena belum ada standar baku dalam Silabus. Bahkan buku tentang Kapita Selekta Ekonomi Islam, sepengetahuan penulis belum ada.
Buku ini memuat enam tema pokok dengan dibagi menjadi enam bagian. Bagian Pertama, tentang demokrasi ekonomi di Indonesia. Hal ini dimaksudkan agar mind set awal kiranya dapat dipahami Sistem Ekonomi Islam yang dewasa ini sedang "membumi" dinegeri yang mayoritas Muslim juga merupakan bagian dari hasil demokratisasi di bidang ekonomi. Plus, merupakan sistem ekonomi alternatif atau membumikan syari'at Islam dari sudut ekonomi.
Bagian kedua memuat tema Islam dan Pembangunan Ekonomi. Tema ini di sajikan untuk memberi warna di bidang ekonomi bahwa Islam merupakan ajaran yang komprehensif (kaffah). Bagian Ketiga investasi dan pendayagunaan (intifa') potensi umat. Bagian Keempat membahas Lembaga Mikro Ekonomi Umat yang terdiri atas dua tema utama, yaitu manajemen masjid dan pendayagunaan potensi jama'ah. Bagian Kelima membahas tema-tema besar masalah dan solusi ekonomi Islam serta kelembagaannya. Bagian ini mencakup empat bab utama, yaitu bab dua belas mengkaji tentang multi level marketing (MLM) versus syari'ah marketing (SM). Kontroversi multi level marketing (MLM) menarik perhatian para ulama ahli hukum, karena hampir sebagian masyarakat tertarik akan bisnis model ini. Selanjutnya, akuntansi dan pengembangan lembaga keuangan syari'ah di bhas pada bab tiga belas.
adapun bab empat belas dan kelima belas pada bagian kelima ini membahas persoalan lembaga keuangan bank dan non perbankan syari'ah.
Pada bagian keenam yang meliputi jasa dan produk perbankan syari'ah, secara khusus diuraikan pada bab enambelas dan tujuh belas yang salah satunya membahas tentang Kartu Kredit dan Syari'ah Charge Card yang merupakan produk perbankan pada umumnya.
Walaupun buku ini diperuntukan bagi para akademisi yang sedang mendalami ekonomi Islam, namun buku ini juga penting dibaca oleh masyarakat umum dan para Dai, Khatib untuk memperluas wawasan umat tentang Ekonomi Islam Kontemporer.
Tidak tersedia versi lain