Ekonomi Islam
ETIKA BISNIS ISLAMI
Lahir di Pati tanggal10 April 1966. Gelar kesarjanaannya di peroleh di IKIP Yogyakarta (sekarang Universitas Negeri Yogyakarta) pada tahun 1990. Gelar Master di peroleh pada program Magister Studi Islam, konsentrasi Ekonomi Islam, Universitas Islam Indonesia pada tahun 1999. Sekarang sedang mengikuti program Doktoral Ilmu Ekonomi Universitas Islam Indonesia. Jabatan yang pernah dipegang adalah sebagai Manajer Akademik Syari'ah Banking Institute Yogyakarta, Biro Akademik (1995-1997), MM Mitra Indonesia (1996-1997), Ketua Sekolah Tinggi Ilmu Syari'ah Yogyakarta (1997-2001). Sekarang bekerja sebagai dosen tetap Sekolah Tinggi Ilmu Syari'ah Yogyakarta, dosen luar biasa IAIN Sunan Kalijaga, dosen luar biasa ISID Gontor. Di samping itu mengajar di Program Pasca Sarjana Magister Studi Islam UII, IAIN Sunan Kalijaga dan IAIN Sunan Gunungjati Bandung. Karya ilmiah yang telah dipublikasikan dalam bentuk buku, diantaranya: Prinsip-prinsip Akuntansi dalam al-Qur'an (2000); Sistem dan Prosedur Operasi Bank Syari'ah (2000); Lembaga Keuangan Umat Kontemporer (2001); Teknik Perhitungan Bagi Hasil di Bank Syari'ah (2001); Pengantar Teori Akuntansi Syari'ah (2002); Kebijakan Moneter dan Fiskal dalam Ekonomi Islam(2002); Zakat Profesi: telaah wacana Fiqh Kontemporer (2002); Visi al-Qur'an tentang Etika dan Bisnis (2002); Ekonomi Mikro dalam Perspektif Islam (2003).
Aktif mengisi tulisan ilmiah pada jurnal Muqaddimah, jurnal Milah, serta sering menulis di surat kabar berkaitan dengan maslah ekonomi Islami dan Perbankan Syari'ah.
Sinopsis
Pertanyaan yang selalu muncul dalam kaitannya dengan bisnis adalah apakah bisnis itu harus beretika atau tidak beretika? Kajian mengenai kerangka bisnis Islami menunjukan bahwa bisnis merupakan aktivitas yang harus di bingkai dengan etika. Bisnis yang beretika adalah busnus yang mampu menumbuhkan rekanan bisnis yang semakin berkembang.
Buku yang berada ditangan pembaca berupaya mengetengahkan nilai dan dasar-dasar yang diajarkan oleh Islam dalam menjalankan bisnis. Di dalam buku ini menjelaskan secara komprehensif mengenai etika bisnis Islam, mulai dari kerangka filsafat, sampai kepada tataran teknis bisnis yang beretika pada masing-masing fungsi bisnis dan perkembangan bisnis modern.
Tidak tersedia versi lain