ILMU PENGETAHUAN
METODOLOGI PEMBELAJARAN AGAMA ISLAM
Mengajar bukan sekedar ceramah dan berdiri di depan kelas, tetapi bagaimana teknik dan strategi guru dalam mengkomunikasikan pesan/materi pembelajaran, berinteraksi, mengorganisir dan mengelola siswa sehingga berhasil dan mencapai tujuan yang telah ditetapkan. Salah satu kunci keberhasilan pembelajaran adalah bilamana guru memiliki dan menguasai metodologi pembelajaran (didaktik dan metodik) secara baik. Tidak sedikit kegagalan guru dalam mengajar disebabkan lemahnya penguasaan metodologi pengajaran tersebut.
Buku ini disusun untuk membantu para mahasiswa dalam mengkaji dan menguasai metode, strategi, dan prinsip-prinsip pembelajaran agama Islam. Buku ini juga membicarakan tentang model-model pengembangan pembelajaran yang telah dikembangkan dan diterapkan di sekolah-sekolah yang lebih maju.
Dengan memahami secara baik buku ini diharapkan mampu mengadopsi, menginovasi, dan mengembangkan model-model pengembangan instruksional, yang pada gilirannya dapat meningkatkan mutu pembelajaran agama Islam, sehingga tercipta kemampuan penguasaan kegiatan pembelajaran dan dapat menjadi guru yang benar-benar profesional sesuai dengan Undang-undang Pendidikan Nasional dan pesan moral agama.
Tidak tersedia versi lain