Text
Metodologi Penelitian: Kualitatif dan Kuantitatif
Pendekatan kualitatif dan Kuantitatif dalam sebuah Metodologi penelitian terus berkembang sesuai dengan perkembangan keilmuan dan selalu mendapat perhatian serius dalari kalangan pencari kebenaran. Hal yang menjadi kekuatan dalam Metodologi penelitian kualitatif adalah memiliki kemampuan berpikir sintesis (induktif) untuk menghadirkan secara kompleks deskripsi tekstual bagaimana keterlibatan manusia dengan membangun pertanyaan-pertanyaan sekitar pengealaman hidupnya. Kemudian pertanyaan secara kontekstual tersebut dapat menghadirkan keterlibatan sepenuhnya dan juga dapat memperoleh ragam informasi dari berbagai sudut pandang tentang mengenai sisi amanusia dan masalahnya, prilakunya, emosinya, keyakinannya. Sedangkan hal yang mendasar dari metodologi penelitian kuantitatif adalah mampu membawa seorang peneliti untuk berpikir analitik (deduktif). Berdasarkan landasan berpikir penelitian kuantitatif yang bersifat deduktif, maka orientasi berpikirnya harus berangkat dari hal-hal yang bersifat umum; dari pengetahuan, teori, hokum, dalil, kemudian membentuk proposisi dalam silogosme yang menjadi dasar berpikinya.
Buku Metodologi Penelitian ini terbagi atas dua bidang Metodologi yaitu; Metodologi Penelitian Kualitatif dan Metodologi Penelitian Kuantitatif. Buku ini disusun dengan maksud untuk menjadi rujukan Mahasiswa dalam menulis skripsi, Tesis dan Desertasi, calon Peneliti, Tenaga Kependidikan, Guru, Dosen, serta siapa saja yang menaru minat dalam bidang Penelitian pada Umumnya dan para Peneliti khususmya, kiranya buku ini dapat menambah pengetahuan, pemahaman, wawasan dalam memahami bagaimana melaksanakan Penelitian yang sesunggunya. Banyak bukti menunjukkan bahwa masih banyak mahasiswa sebagai calon Peneliti, Tenaga kependidikan, guru, dosen, belum memiliki pengetahuan, pemahaman, wawasan tentang pelaksanaan Penelitian secara memadai. Selain dari hal tersebut, buku in juga diharapkan bermanfaat untuk meningkatkan pengetahuan, pemahaman, dan wawasan tentang pelaksanaan Peneltian secara memadai dan mumpuni pada mahasiswa S1, S2, dan S3, pada umumnya dan mahasiswa kependidikan khususnya.
Tidak tersedia versi lain