Teks
ETNISITAS DAN AGAMA
Buku ini menyajikan isu etnisitas dan agama yang diangkat oleh JK-Wiranto sebagai tema kampanye pada pemilihan presiden 2009. Isu etnisitas dituangkan dalam bentuk advokasi politik yang menawarkan egalitarianism dalam kekuasaan kepresidenan. Pemilihan isu kian menarik karena sejak Merdeka Indonesia baru memiliki satu presiden dari luar jawa, yaitu B.J. Habibie. Sementara itu, obyek studi ini adalah advokasi politik Jk-Wirantodi media baru, dalam hal ini teks-teks di media facebook. Metode yang digunakan adalah analisis Wacana Kritis Model Sara Mills. Hasilnya menunjukkan bahwa ideologi egalitarian merupakan advokasi politik yang cukup berhasil, sedangkan advokasi isu agama kurang berhasil.Hasil kajian ini juga menunjukkan bahwa media baru mampu menyuarakan suara marjinal, yaitu ideologi egalitarian. Namun, media baru masih merupakan alat reproduksi ideologi dominan sehingga ideologi egalitarian dalam kekuasan kepresidenan masih belum menjadi ideologi dominan.
Tidak tersedia versi lain