Ekonomi Islam
ETIKA BISNIS DALAM PERSPEKTIF ISLAM
Topik etika bisnis dalam konteks peradaban Barat muncul belakangan ini setelah tekanan keras dari publik yang merasakan semakin beratnya tekanan dari lembaga korporasi lokal, tetapi juga internasional. Sebagaimana diketahui, kekuasan entitas bisnis ini semakin merajalela baik dalam mengatur publik melalui mekanisme pasar dan invisible hand-nya maupun melalui tangan-tangan elite politik dan birokrat yang menjadi kolaborasinya dalam menjalankan bisnis.
Etika dalam Islam merupakan buah dari keimanan, keislaman, dan ketakwaan yang didasarkan pada keyakinan yang kuat pada kebenaran Allah Swt. Islam merupakan sumber nilai dan etika dalam segala aspek kehidupan manusia secara menyeluruh, termasuk dalam wacana bisnis. Bisnis yang islami harus lahir dari dan atas nama Allah untuk kepentingan beribadah kepada Allah Swt. dengan niat akan mematuhi aturan Ilahi.
Buku ini menyajikan berbagai teori etika yang bersifat konvensional. Buku ini juga menjelaskan berbagai aturan dan nilai yang diatur Islam melalui berbagai sumber wahyu dan implementasinya dalam kehidupan Rasulullah, sahabat, dan pengikut-pengikutnya, sampai pada pemikiran yang dilontarkan pada era di mana umat dikuasai atau dihegemoni oleh pandangan sekuler, kapitalis, dan materialistis ini. Pembaca diharapkan dapat menyadari bahwa etika bisnis dalam Islam menempatkan pengertian bisnis sebagai usaha manusia untuk mencari keridaan Allah Swt.
Materi yang di bahas dalam buku ini mencakup:
Bab 1 Pendahuluan
Bab 2 Definisi dan pengertian etika
Bab 3 Teori Etika dan Pergeseran Paradigma
Bab 4 Etika dalam Bisnis dan Ekonomi Kapitalisme
Bab 5 Etika dan Agama
Bab 6 Skandal Korporasi
Bab 7 Prinsip Dasar Etika Islami
Bab 8 Etika Pemerintahan Islami
Bab 9 Etika Perusahaan Islami
Bab 10 Etika Transaksi, Marketing, dan Iklan
Bab 11 Yang Dilarang dalam Bisnis Islami
Bab 12 Pengawasan Etika
Bab 13 Penutup dan Agenda Masa Depan
Tidak tersedia versi lain