Private Law/Hukum Privat, Huku
HUKUM PERLINDUNGAN KONSUMEN
Sebagai sasaran utama dari para produsen, konsumen berada pada posisi yang rentan untuk mengalami ketidakadilan dan manipulasi dalam relasi produsen-konsumen. Bahkan teknik promosi dan advertising menyebabkan tak jarang konsumen tanpa sadar membeli produk-produk secara tidak rasional atau dilanggar hak-haknya. Karena itu, dibutuhkan seperangkat aturan dan regulasi yang bisa membela hak-hak konsumen sehingga akan tercipta relasi ideal antara produsen konsumen.
Melalui buku ini, penulis berusaha menunjukan berbagai persoalan atau vital dalam relasi produsen-konsumen dan tata kelola etis, untuk menjawab pertanyaan utama: mengapa kita perlu hukum perlindungan konsumen; apa manfaat hukum perlindungan konsumen bagi konsumen sekaligus produsen; bagaimana peran pemerintah; seperti apa peran advokasi konsumen; dan beberapa isu penting lain yang perlu diketahui masyarakat luas, termasuk para akademisi, mahasiswa hukum serta praktisi hukum. Karena buku ini ditulis sebagai bagian dari Seri Kuliah Hukum Perlindungan Konsumen dan sesuai dengan silabus mata kuliah di universitas, serta dilengkapi dengan berbagai sasaran pembelajaran, diskusi dan peraturan perundang-undangan perlindungan konsumen maka buku ini wajib dimiliki oleh para akademisi (mahasiswa, dosen), praktisi hukum, pelaku usaha, dan konsumen pada umumnya.
Tidak tersedia versi lain